Rabu, 01 Agustus 2012

Cara membuat air mancur abadi tanpa pompa listrik


http://www.ilmusipil.com/cara-membuat-air-mancur-abadi-tanpa-pompa-listrik



Sebuah air mancur di taman dengan suara gemiricik merupakan sebuah pemandangan yang dapat menciptakan suasana damai penuh ketenangan dalam sebuah rumah, berbagai tipe air mancur dapat dibuat dengan system pompa listrik yang banyak dijual dipasaran sehingga  dapat dipilih sesuai kebutuhan dan selera akan hadirnya sebuah tetesan air dikolam taman, dibalik kemudahan tersebut mari kita coba ber inovasi dengan memikirkan alternatif tentang bagaimana cara membuat air mancur abadi tanpa pompa listrik, bagaimana caranya  mari kita pikirkan bersama



Dalam ilmu hidrolika  kita akan mengenal perilaku air yang dapat berjalan melawan gravitasi apabila diberikan sesuatu yang mampu mendorong atau menarik air untuk mengalir ke atas yang akhir-akhir ini banyak digunakan pompa listrik sebagai penarik air tersebut, nah disini mari kita buat air mancur abadi yang tidak memerlukan pompa listrik, gambaran berikut ini mungkin bisa menjadi alternatif sebuah konsep air mancur abadi yang begitu murah dan mudah untuk dibuat bahkan dengan barang bekas kita sudah bisa membuatnya:



Gambar system Air mancur abadi


 Di alam ini kita dapat menemukan cara kerja air mancur tersebut dalam system hidrologi air hujan, dimana air menguap menuju ke atas lalu menggumpal menjadi awan dilangit untuk kemudian turun kembali ke permukaan bumi dalam bentuk air hujan kemudian menguap ke langit lagi begitulah system pengairan dibumi berjalan secara terus menerus dan otomatis sebagai ciptaan Tuhan yang begitu menakjubkan.



Material yang bisa dipakai untuk membuat air mancur abadi ini adalah Tabung : bisa menggunakan Drum bekas, gallon air dan bahan tabung lainya sedangkan tempat lewat air berupa selang air, untuk penyangga tabung agar bisa berada pada posisi yang tetap dapat menggunakan rangka besi beton bertulang, ini hanyalah konsep dengan material sederhana yang tentu dapat dikemas sedemikian rupa sehingga menarik misalnya dengan membuatnya berbentuk plastik model tertentu jika diproduksi secar masal di pabrik.

Hail Ini telah terbukti berhasil,lihat videoya disini


Demikian sebuah gambaran sistem air mancur abadi di kolam taman tanpa listrik jika mau silahkan kalau mau dibuat dirumah atau dibuat inovasi serta kreatifitas lainya sehingga dapat terwujud sebuah air mancur di kolam tanpa alat pompa listrik  sebuah ide kecil yang belum dicoba


rumus hidrolika
Hidrolika adalah
pengertian hidrolika
Advertisement



60 Komentar: “Cara membuat air mancur abadi tanpa pompa listrik”

Rudy Anggara
December 6th, 2011 pada 3:06 pm
kalo pakek prinsip penguapan apa mungkin? toh menguap membutuhkan waktu yang lama.. lagian hujan terjadi karena adanya perbedaan suhu dan atau tekanan.dimana didaratan(bawah) panas dilangit(atas) dingin..

yang mungkin adalah pakek prinsip beda tekanan tapi salah satu tempat/media harus terisi terus…

sedikit berbagi gan, ane juga masi nubie di sipil..
hehe

peace

[Reply]

aga yuditra
December 6th, 2011 pada 10:37 pm
Idenya boleh juga..

bisa di coba dirumah ne..

ide ini aku tulis ulang di blog’ku boleh gak?

*silahkan menulis ulang dengan menuliskan referensi sumbernya

[Reply]

Imam FasTKab
December 8th, 2011 pada 10:30 pm
Sebaiknya dilakukan eksprimen dulu… karena Gerak abadi air mengalir sepertinya belum pernah berhasil !
Buat reverensi bisa dilihat di
http://paijo1965.wordpress.com/2007/02/21/pompa-air-tenaga-gravitasi/

[Reply]

Belajar menggambar autocad
December 11th, 2011 pada 5:11 pm
kayaknya bisa deh(kayaknya… hehe..) tp diameter lubang in dan out harus benar2 sesuai.misalnya outny yg kgedean bukanya air suply yg d isep tp udara yg menggantikan ruang kosong d tabung.(kyk nuang air galon,belebug~belebug deh.. hehe..) trs jg ktinggian air mancur+diameter tabung jg hrs d perhitungkan.sebab daya isap tabung d pengarui gravitasi jg kan?! bener ga? tar deh ane mo coba,tunggu hasilnya kawan2 ya hahaha…

[Reply]

aldi
December 14th, 2011 pada 10:10 am
ide ini persis seperti ide saya waktu masih stm dulu dan waktu itu juga pernah saya uji coba…dan hasilnya gagal hehehe. Dasarnya memang masih konsep dan imajinasi, klo dasar ilmu fisikanya belum ada yang mendukung. Jika banyak orang Indonesia yang mau berpikir dan ber-eksperimen menemukan teknologi baru tentu akan sangat membantu peradaban di masa depan, so tetap jaga semangat untuk ber-inovasi!

[Reply]

bies
December 16th, 2011 pada 3:01 am
masih kurang yakin gan…..penjelasan yang lebih

[Reply]

Wonk
December 18th, 2011 pada 2:26 pm
Sampai saat ini belum ada yg berhasil dng cara ini.

[Reply]

wong
December 20th, 2011 pada 8:00 am
banyak yang udah coba hal serupa, mungkin bisa berjalan tapi ga’ abadi cz lama-lama energinya habis. untuk menaikkan air perlu energi, gitu juga pas air jatuh ada kehilangan energi.
jadi prinsipnya ga’ didukung ama hukum kekekalan energi “Energi tidak dapat di ciptakan dan dimusnahkan tetapi berubah ke bentuk lain”

[Reply]

Witono Hardi
December 20th, 2011 pada 8:29 pm
Kayaknya gak bisa. Tidak ada suatu siklus yang terjadi tanpa adanya energi dari luar. Ini kayaknya belum pernah dibuat. hanya ide penulis saja. Ada YOU TUBE nya?

[Reply]

Witono Hardi
December 20th, 2011 pada 8:32 pm
BTW, saya pernah mencoba menbuat gerak abadi dengan magnet, yg saya gantung. Itu pun gagal juga. Jika bisa membuat maka INSYA ALLAH hadiah nobel di tangan. Bukan meremehkan, tapi justru menyemangati. Karena jika ini bisa kita lakukan…… Hukum Kekekalan energi akan runtuh

[Reply]

gundul
January 28th, 2012 pada 6:05 pm
ide ngawuurrrrr….saya mo nanya, emang yg bikin artikel udah praktekin belum…..jangan cma asal gambar aja…..pernah temen ku bikin begitu….waktu selang bawah di buka awal nya sich ada keluar air tapi lama2 malah udara yg masuk ke tabung……kalo gk prcaya silakan anda coba and rasa kan kerugian nya….Salam..

[Reply]

esemku
January 28th, 2012 pada 10:41 pm
ada beberapa alternatif pengganti motor listrik penggerak aliran air agar mampu melawan gravitasi,
prinsipnya adalah memanfaatkan gerakan air searah gravitasi (turun) yang bertekanan untuk menggerakkan baling2 pemutar air ini kembali,
baling2 bertenaga air jatuh ini dimanfaatkan untuk memutar baling2 lain yang lebih kecil dan berada didalam tabung silinder aliran air sehingga mampu mendorong air untuk terus mengalir menekan, tabung silinder air ini harus dijaga agar mampu mengalirkan air kembali ke atas, setibanya air di atas tempat penampungan akan dialirkan/dijatuhkan kembali,
saat air jatuh mengenai baling2 akan memutar baling2 tersebut dan menggerakkan baling2 di dalam tabung silinder, begitu seterusnya.


[Reply]

afifuddin Reply:
May 29th, 2012 at 6:02 pm

Yg ini baru betul “Konsep dgn Grafitasi Alam” yg memanfaatkan energi putaran roda air dari tekanan air yg turun ke kolam taman dengan memakai beberapa roda tambahan agar air yg di kolam bisa naik ke atas melalui tabung selinder sbg jalur aliran air ke penampungan air yg diatas..


[Reply]

Afan Reply:
June 26th, 2012 at 10:14 am

Udah pernah dicoba belum. atau mungkin punya referensi. atau gambar detailnya seperti apa sehingga bisa kita tinjau bersama. soalnya selama ini BELUM PERNAH ada yang berhasil membuat gerak abadi.

[Reply]

abduh
February 7th, 2012 pada 3:16 pm
ak sdh nyoba tp ga berhasil daya tarik air ke tabung tidak kuat sehingga hanya mampu mengeluarkan air yang sdh ada didalam tabung dan waktu airnya keluar juga bluk-bluk krn udara masuk melalui saluran air yang keluar td….
coba bisa penjelasan yang lebih detai atau anda sdh punya alat tbs yang sdh jadi/siap pakai?
kalau ada bisa dikirim ke saya.

[Reply]

masdar
February 8th, 2012 pada 11:21 pm
saya yakin ini bisa…dengan catatan,
1. selang yang ke atas itu jangan langsung dicelupkan ke air waktu air dri tabung keluar…
2. pengisian tabung jangan penuh (ada rongga udara)

[Reply]

adrian Reply:
April 20th, 2012 at 9:24 am

kenapa harus seperti itu ?
bisa tolong di jelaskan

[Reply]

sisar
February 15th, 2012 pada 3:59 pm
tahun 1990 pernah ane coba tu… pake botol aqua yang 1500 ml, emang airnya bisa ngalir keluar sebentar truz berhenti alirannya, tapi air dalam botol nggak nambah karena botolnya jadi kempot. Ane penasaran lalu pake botol kaca eh… malah airnya kagak ngalir sama sekali. Jadi berpikir… kayaknya mustahil dech… sebab kan untuk naikkan air ke tong perlu energi.. lah energi yang dibutuhkan itu diambil dari mana ya…. Nah disini yang bikin saya rada

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda